Jumat, 06 Maret 2015

Abstrak
Seiring dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkan permasalahan di berbagai bidang. Namun, melalui perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi juga mempengaruhi berbagai aspek bisnis. Dengan melihat dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, Kita juga bisa membentuk suatu pola pengembangan terkait dengan peluang bisnis. Saat ini di Indonesia banyak jenis bisnis yang memiliki potensi dan peluang yang sangat besar untuk maju, itu dikarenakan terjadinya pembentukan pola pengembangan bisnis yang selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi.
Isi
Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari- hari dan merupakan suatu ruang lingkup yang dimana dalam penempatannya selalu memiliki lingkup kesibukan untuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dimana dalam bisnis harus memiliki konsep yang matang, agar bisnis yang dijalankannya bisa bertahan dan terus berkembang. Peluang bisnis yang telah dibuka harus didasari oloeh kemampuan baik dalam memanagemen bisnis, dan juga melihat situasi lapangan atau dunia luar.

A. Tujuan Bisnis
Tujuan bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnis yang mereka lakukan dan merupakan cerminan dari berbagai hasil yang diharapkan bias dilakukan oleh bagian-bagian organisasi perusahaan (produksi, pemasaran, personalia, dll) yang akan menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Secara umum tujuan dari bisnis adalah menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan dari aktivitas yang dilakukan.
Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya, diantaranya:
1. Market standing, yaitu penguasan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.
2. Innovation yaitu inovasi dalam produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian. Tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai tamabah pada suatu produk, misalnya shampoo 2 in 1.
3. Physical and financial resources, perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya
4. Fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan Semakin menguntungkan.
5. Manager performance and development, manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya. Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan
6. Program training and development yang berkelanjutan. Worker Performance and Attitude, untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
7. Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja, dll.

B. Aspek – aspek Bisnis
Dalam pelaksanaannya Bisnis memiliki beberapa aspek sebagai berikut :
1. Kegiatan individu dan kelompok Dimana dalam pembentukan suatu bisnis dibagi menjadi dua pilihan, yakni bisnis perorangan dan bisnis berkelompok.
2. Penciptaan nilai Terciptanya nilai melelui pelaksanaan konsep bisnis
3. Penciptaan barang dan jasa Dalam bisnis pasti yang dibicaran adalah barang dan jasa yang diberikan atau dijual, sehingga harus ada data yang jelas tentang barang dan jasa yang dihasilkan. 4.Keuntungan melalui transaksi Saat melakukan transaksi harus merasa senyaman mungkin baik dari pelayanan yang ditawarkan dan juga kesepakatan harga, dan kesepakata- kesepakatan lainnya.

C. Fungsi Bisnis
Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan mikroekonomi dan makroekonomi
1. Fungsi Mikro Bisnis Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung
a. Pekerja / Karyawan Pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerja yang tinggi yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba.
b. Dewan Komisaris Memantau kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan .
c. Pemegang Saham Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan
2. Fungsi Makro Bisnis Kontribusi terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung
a. Masyarakat sekitar perusahaan Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan
b. Bangsa dan Negara Tanggung jawab kepada bangsa dan negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak.

D. Elemen Bisnis
a. Modal (capital) Sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis
b. Bahan-bahan (materials) Merupakan faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat
c. Sumber Daya Manusia (SDM) Kualifikasi SDM : Memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi
d. Ketrampilan Manajemen (Management Skill) Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen.
Kesimpulan
Berdasarkan uraian dan pemaparan tentang peluang bisnis maka bisa diambil kesimpulan :
1. Dalam membuat suatu bisnis harus memiliki konsep dasar yang jelas
2. Harus memiliki SDM yang kompetitif dan berkualitas tinggi
3. Bisnis yang kita bangun harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat atau konsumen.
Saran
Bertolak dari elemen bisnis dipaparkan bahwa elemen bisnis yang paling utama adalah modal, namun dalam hal ini penulis memberi saran bahwa modal yang kita butuhkan akan menjadi nomor keseratus jika ada impian dan tekat yang bulat.

Referensi
M. Suyanto. 2005. Smart In Enterpreneur: 11 Rahasia Memulai Bisnis tanpa Uang, penerbit ANDI, Yogyakarta.
M. Suyanto. 2004. Smart In Enterpreneur: Belajar dari Kesuksesan Pengusaha Top Dunia, penerbit ANDI, Yogyakarta.
uin-jakarta

Kamis, 05 Maret 2015

Peluang Usaha Peternakan Di DesaJika berbicara mengenai peluang usaha peternakan di desa, sebenarnyapeluang usaha tersebut merupakan salah satu peluang usaha yang sangat tepat untuk dijalankan di area wilayah pedesaan, pasalnya di area wilayah pedesaan sendiri masih memiliki banyak lahan luas yang dapat dimanfaatkan untuk sektor usaha tersebut.
Yang tentunya tidak seperti di area wilayah perkotaan yang mungkin dapat dikatakan sudah tidak akan ada lahan kosong yang dapat dimanfaatkan untuk lahan usaha, karena di area wilayah perkotaan sendiri berbagai lahannya sudah bayak digunakan untuk kebutuhan pemukiman penduduknya. Maka dari itulah mengapa di area wilayah perkotaan sendiri sudah tidak terdapat lahan kosong yang dapat dimanfaatkan untuk usaha, terlebih untuk usaha peternakan.
Tentunya berbeda dengan di area wilayah pedesaan yang memang masih terdapat banyak lahan kosong yang memang dapat dimanfaatkan untuk usaha, seperti salah satunya adalah untuk usaha yang bergerak di bidang peternakan, karena memang di area wilayah pedesaan sendiri tentunya tiadak hanya usaha di sektor pertanian saja yang dapat dijalankan.

Peluang Usaha Peternakan Di Desa Masih Menjnjikan

Dengan area lahan yang terhitung luas maka tentunya usaha seperti peternakan sendiri memang sangat cocok untuk dijalankan di area wilayah pedesaan, dan tentunya seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa sektor usaha peternakan sendiri memang terdapat cukup banyak macamnya. Salah satu contoh peluang usaha peternakan di desayang dapat dijalankan adalah budidaya ayam petelur, sektor usaha budidaya ternak tersebut masih sangat prospektif dan juga berpotensi menghadirkan keuntungan yang menjanjikan.
Karena seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa hingga saat ini permintaan pasar terhadap salah satu bahan kebutuhan pokok seperti telur tersebut masih dapat dikatakan cukup tinggi, dan diketahui juga bahwa pasokan telur ayam sendiri pada saat ini untuk pasar masih dapat dikatakan kurang. Sehingga tak heran jika sektor usaha budidaya ayam petelur tersebut masih dikatakan sangat prospektif dan juga berpotensi menghadirkan keuntungan yang menjanjikan.
Pasalnya pangsa pasarnya sendiri memang dapat dikatakan tersedia luas dimana-mana dengan tingkat kebutuhan yang masih sangat tinggi. Membangun sebuah usaha budidaya ayam petelur sendiri memang dapat dikatakan membutuhkan tempat yang uckup luas, pasalnya anda akan membutuhkan sebuah kandang yang pada nantinya tidak hanya berisi 10 atau 20 ekor ayam saja.
Maka dari itulah mengapa sektor usaha budidaya ayam petelur tersebut memang sangat cocok dijalankan di area wilayah pedesaan, terlebih di area wilayah pedesaan sendiri berbagai macam laha luasnya sendiri masih berada jauh dari pemukiman penduduk atau warganya. Karena seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa usaha budidaya ayam petelur ini akan menghasilkan limbah seperti kotoran dengan bau yang tidak sedap tentunya.
Sehingga sudah sepantasnya jika sektor usaha tersebut berada jauh dari pemukiman warga atau penduduk setempat. Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai peluang usaha peternakan di desa yang telah kita ketahui bersama, semoga sedikit informasi bisnis di atas dapat membantu serta dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

Tips Sukses Wirausaha

Sumber : www.kamarusaha.com
Tidak dapat dipungkiri memang jika peluang usaha bisnis modal kecil pada saat ini dapat ditemukan dengan lebih mudah, terlebih dengan memanfaatkan teknologi modern pada saat ini dimana media online dikenal sebagai penyedia aneka macam informasi yang salah satunya adalah informasi bisnis. Karena melalui berbagai macam informasi yang anda kumpulkan melalui media online tersebut maka tidak menutup kemungkinan jika anda bisa mendapatkan sebuah referensi mengenai peluang bisnis, yang kemudian dapat anda wujudkan hingga menjadi sebuah bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.
Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil
Namun memang pemilihan segmen bisnis modal kecil tersebut tidak dapat dilakukan secara asal tanpa perhitungan, karena yang harus anda pertimbangkan adalah bahwa pada saat ini sektor bisnis yang menggunakan modal kecil sendiri diketahui memiliki tingkat kompetitor yang sangat tinggi. Ya, kemudahan mendirikan sektor bisnis yang menggunakan modal kecil memang merupakan faktor utama yang membuat sektor bisnis modal kecil tersebut menjamur dan terdapat dimana-mana, maka dari itulah tentu tidak ada salahnya jika anda lebih selektif dan juga berhati-hati ketika akan menentukan sebuah segmen bisnsi modal kecil.

Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil

Seperti salah satu contoh peluang usaha bisnis modal kecil yang dapat dicoba pada saat ini adalah peluang usaha atau bisnis yang menggunakan sistem waralaba atau franchise, khususnya di sentra kuliner, yang hingga saat ini tengah banyak diminati dan juga dikenal prospektif dan menjanjikan. Pasalnya pelaku bisnisnya sendiri tidak perlu membangun usaha dari nol karena franchise atau waralaba makanan merupakan segmen bisnis yang akan membeli merk dari franchisor, sehingga pelaku bisnisnya hanya tinggal mencari sebuah tempat yang tepat dan strategis dan dijalankan dengan waktu yang tepat.
Untuk urusan modal, tentu anda pun tidak perlu khawatir, pasalnya pada saat ini sudah terdapat banyak perusahaan waralaba yang menawarkan kerjasama dengan investasi modal awal yang tidak terlampau besar, terlebih untuk franchise atau waralaba yang bergerak di bidang kuliner. Karena dengan rentang dana mulai dari 5 juta hingga 15 juta rupiah anda sudah dapat memiliki dan menjalankan sebuah bisnis waralaba atau franchise kuliner tersebut, dan tentunya dengan keuntungan yang menjanjikan terlebih jika perusahaan franchisor yang anda pilih sudah memiliki nama atau terkenal.
Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai sebuah peluang usaha bisnis modal kecil yang telah kita ketahui bersama, semoga sedikit informasi peluang usaha bisnis modal kecil di atas dapat membantu serta dapat bermanfaat untuk anda semuanya.
sumber : http://www.kamarusaha.com/peluang-usaha-bisnis-modal-kecil/

Rabu, 04 Maret 2015


Hai hai, Comtid  di sini akan menceritakan  tentang  berbisnis. Dari seorang wanita yang cantik, baik dan ber hijab lagi. Siapa sih yang gak suka sama wanita ini. Yukk kita simak aja.
Perkenalkan nama nya Siti, wanita ini adalah seorang pebisnis. Dan inilah dia foto nya  :
 
Terkadang kita suka bingung, mau buka usaha apa ya di tahun 2015? Kalau dipikir – pikir, kok memulai usaha semakin hari semakin susah saja.
Ketika dulu, waktu saingan usaha sedikit, buka usaha itu sangat gampang, buka warung di rumah pun pasti ramai karena belum ada saingan kiri kanan, sekarang? Mau buka warung bakso pun di kampung sudah ada 10 saingan menanti!
Mbk Siti sangat suka usaha dan bisnis, karena saya jiwanya pebisnis, wanita ini sudah mencoba membuka restoran, membuka toko baju, dan lain-lain, tapi semuanya tutup karena persaingan sangat ketat.
Mungkin para pembaca bertanya: Kira – kira apa ya usaha yang saingannya sedikit, memerlukan modal tidak terlalu banyak, dan menghasilkan.
*
Jawabannya: Usaha Online.
Kenapa kok bisa usaha online merupakan usaha yang saingannya sedikit, memerlukan modal tidak banyak dan menghasilkan?
Kita teliti dulu: Saingan Sedikit.

Saingan itu tergantung dari market, jikalau misalnya kita berjualan bakso di sebuah kampung yang mempunyai katakan 1000 penduduk, dan saingan kita ada 10 orang itu sangat banyak, tapi jikalau anda berjualan di pasar, dan pasar dipenuhi setiap hari oleh 10.000 orang yang berkunjung dan hanya ada 10 warung bakso, berarti saingan sedikit!
Mengerti kan yg dimaksud mbk Siti?
Pasar usaha online sangat luas, seluruh penduduk indonesia (240 juta orang lebih) lalu berapa saat ini praktisi usaha online? Tidak terlalu banyak!*
Karena kebanyakan orang tidak yakin dan tidak percaya di online bisa menghasilkan dan juga tidak tahu caranya, makanya saingan sangatlah sedikit.
Ini  wujud penghasilan dari usaha online “mbk Siti”.

Dari usaha online mbk Siti bisa mendapatkan apa yang dia inginkan, mungkin tidak terlalu mewah, tapi setidaknya keluarga nya bangga kepada Mbk Siti.
Modal Mbk Siti hanyalah TEKAD dan KEINGINAN UNTUK BELAJAR, dia terus belajar dan praktek untuk mengasah kemampuan untuk menjual di online.

Untuk bisa terjun di industri ini, anda harus punya TEKAD yang kuat dan keinginan untuk belajar, usaha ini sama seperti usaha yang lain, ingat tidak ada yang gampang didunia ini kalau belum mencoba!



Terima kasih. selamat mencoba yaa semoga berhasil, aminn.

Selasa, 03 Maret 2015

Feb 04, 2015by MEGAN FAUSTINEin NOSTALGIA
Tiap orang pasti punya cita-cita “konyol” ketika SD. Ada juga yang berhasil mewujudkan cita-cita tersebut. Selamat ya bagi yang berhasil mewujudkannya! Ayo dong, kita cekikikan bersama membayangkan cita-cita konyol kita jaman dahulu kala!
1. Cita-cita: “Aku mau jadi dokter!!” 


                                
Ini nih, cita-cita anak kecil pada umumnya, mungkin juga termasuk kamu. Entah kenapa, daridulu pasti pengen banget deh jadi dokter!
Realita: “Buset… boro-boro jadi dokter, biologi aja susahnya setengah mampus!”
Sekarang… hm hm hm. Pikir ulang lagi deh! Ternyata pelajaran biologi itu susah banget deh ya!
2. Cita-cita: “Aku mau jadi astronot!!”

Siapa coba yang nggak pengen jadi astronot? kayaknya keren banget deh!
Realita: “Lu Neil Armstrong kali ye…”
Sepertinya, perjalanan diluar angkasa, dan lain sebagainya itu tampak mustahil banget bagi kita. Kita lama-lama malas dan perlahan sadar, mendingan kerja di dunia saja deh, lebih nyata dan nyaman juga kelihatannya.
3. Cita-cita: “Aku mau jadi guru!!”

Ketika masih kecil, guru itu begitu mulia dan berjasa besar buat kita. Sebenarnya, begitu pula saat kita udah dewasa. Sayangnya, kita selalu berpikir bahwa guru itu membuat pelajaran membosankan. Padahal, diri kita aja yang nggak sopan terhadap mereka.
Realita: “Kasian amat, ni guru nggak ada yang dengerin…”
Hasilnya, kita sering mengurungkan niat mulia tersebut. Padahal, jadi seorang guru pahalanya banyak lho!
4. Cita-cita: “Aku mau jadi pengusaha!!”

Tentu semua pernah ingin menjadi pengusaha. Pokonya ingin buka ini dan itu! Jadi pengusaha itu enak banget sih!
Realita: “Bisnis apa yang nggak bisa rugi ya….*mikir sampe tua*”
Kita terlalu banyak berpikir dan akhirnya melupakan mimpi yang ambisius tersebut. Terlalu banyak kalkulasi yang dilakukan, dan terlalu banyak kekhawatiran.
5. Cita-cita: “Aku mau jadi artis!”


Semua pasti ingin jadi artis. Terkenal, banyak fansnya, setiap orang tau kamu siapa, pokoknya eksis abis deh!
6. Cita-cita: “Aku mau jadi polisi!”
                                   

   
      Semua pasti pingin jadi ini karna punya senjata malah tambah keren apa lagi seragam nya, sesuatu banget deh. :D
Realita: *Ngaca berulang-ulang*
Eits… coba ngaca dulu dong! Dengan wajah yang seperti itu, beneran bisa nggak untuk mendukung karir kamu sebagai artis?
Itu dia 6 cita-cita yang sering banget kita harapkan saat masih kecil. Apa lagi ya, cita-cita lainnya yang Comtid belum sebutkan disini?


Feb 03 2015, sumber : Medhy Hidayat
Salah satu pertanyaan yang paling sering saya terima adalah:"Gimana sih caranya dapat duit dari ngeblog? Blog gue pake bahasa Indonesia, bisa nggak dapat dollar?"



Pertanyaan pertama agak panjang jawabannya. Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog. Tentu saja dengan cara yang halal dan benar. Beberapa artikel Blogguebo barangkali bisa menjadi awal untuk belajar bagaimana caranya mendulang uang melalui blog Anda.

Silahkan membuka-buka arsip lama Tips Monetisasi Blog dan Seri Monetisasi Blog Anda.

Pertanyaan kedua lebih singkat jawabannya: BISA.

Ya, Anda bisa mendapatkan uang (baik dollar ataupun rupiah) dari blog berbahasa Indonesia.

Berikut adalah 13 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Berbahasa Indonesia yang barangkali bisa Anda pertimbangkan :

1. Menampilkan Iklan PPC (Pay-Per-Click) Domestik

Saat ini setidaknya sudah ada 6 pelaku bisnis PPC domestik di Indonesia, yaitu KlikSaya.comKumpulBloggerPPCIndoIndoFadIdBlognetwork dan SITTI. Dengan menjadi publisher program-program PPC domestik, Anda bisa menampilkan iklan berbahasa Indonesia dan mendapatkan komisi (tentu dalam rupiah) jika iklan tersebut di-klik oleh pengunjung blog Anda. Anda bisa menggunakan link-link dibawah ini jika ingin mendaftar program-program PPC domestik tersebut (jangan khawatir, tidak ada link affiliasi saya di link tersebut).

2. Menampilkan Iklan PPC Asing 
Pilihan kedua adalah menampilkan iklan PPC asing. Sejak tanggal 1 Februari 2012, Google Adsense sudah bisa ditampilkan di blog berbahasa Indonesia. Dengan menampilkan iklan PPC di blog Anda (ya, blog berbahasa Indonesia pun bisa), Anda akan mendapatkan komisi berdasarkan jumlah klik dari pengunjung blog Anda. Semakin banyak pengunjung blog Anda, tentu semakin besar pula jumlah klik iklan yang Anda dapatkan, misalnya Google Adsense.


3. Menampilkan Banner Program Affiliasi Asing
Ada banyak sekali program affiliasi yang bisa Anda ikuti. Untuk lebih lengkapnya, silahkan buka link Monetisasi Blog Anda: (3) Program Paid-to-Affiliate. Meskipun bukan cara terbaik, menampilkan banner link affiliasi berukuran 125X125 di bagian Sponsor blog Anda bisa menjadi pilihan monetisasi blog berbahasa Indonesia. Jika pengunjung blog Anda melakukan pembelian melalui banner link affiliasi tersebut, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi.

4. Menampilkan Banner Program Affiliasi Domestik
Selain program affiliasi asing, saat ini juga sudah banyak program-program affiliasi domestik yang bisa Anda manfaatkan sebagai sarana monetisasi blog Anda. Dengan cara yang sama - menampilkan banner link affiliasi domestik - Anda memiliki peluang untuk mendulang uang melalui blog Anda. Sejumlah pengelola web hosting lokal dan penyedia template/theme blog memiliki program affiliasi yang bisa Anda ikuti dan promosikan di blog Anda. Saya sendiri memanfaatkan affiliasi dari GoBlog Wordpress Premium Theme, penyedia theme Wordpress milik Mas Handoko Tantra. Anda bisa menampilkan banner GoBlog Wordpress Premium Theme setelah membeli produk ini. Komisi yang diberikan adalah 50% dari penjualan.

5. Menulis Review Produk Affiliasi (dengan text link affiliasi Anda)
Salah satu cara menjalankan program affiliasi (baik asing maupun domestik) melalui blog yang paling efektif adalah dengan menulis review tentang produk affiliasi yang hendak Anda promosikan di blog Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda sudah menggunakan dan merasakan manfaat produk yang Anda promosikan. Program affiliasi Amazon.com dan Commission Junction memiliki banyak sekali produk yang bisa Anda review. Pilih produk yang sesuai dengan niche dan kebutuhan pembaca blog Anda, tulis reviewnya dan jika pembaca blog Anda melakukan pembelian produk yang Anda rekomendasikan, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi.

6. Mengikuti Program Paid Review
Program paid review adalah cara lain monetisasi blog berbahasa Indonesia. Seperti namanya, sebagai publisher program ini Anda diminta untuk menulis review produk atau jasa tertentu (dalam bahasa Inggris) dan akan mendapatkan komisi atas review yang Anda tulis di blog Anda. Ya, blog berbahasa Indonesia (untuk beberapa program paid review seperti SponsoredReviews.com, ReviewMe, Blogsvertise ,BuyBlogReviews.com) pun bisa mendaftar sebagai publisher program-program paid review. Bahkan jika blog Anda memiliki link ranking, Alexa, Technorati dan PR (Page Rank) yang cukup tinggi, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan komisi yang cukup besar untuk satu artikel review. Saat ini Anda juga bisa mendaftar program paid review lokal pertama di Indonesia, ReviewMu.com. Untuk informasi program paid review yang lain silahkan klik Monetisasi Blog Anda: (1) Program Paid-to-Review.

7. Menampilkan Google Adsense for Search
Selain iklan PPC, Anda bisa menampilkan unit Adsense for Search di blog Anda. Pergunakanlah layanan Google Custom Search Engine untuk mendapatkan hasil pencarian sesuai kata kunci dan alamat situs yang Anda inginkan. Silahkan membaca juga Seri Tutorial Panduan Mendaftar Google Adsense.

8. Menjual Text Link Ads
Pilihan monetisasi blog berbahasa Indonesia yang lain adalah dengan menjual link di blog Anda. Dengan menjual link, yang Anda lakukan adalah menyediakan spot text link situs-situs yang ingin beriklan dan sekaligus mendapatkan link back dari blog Anda. Semakin tinggi link ranking, Alexa, Technorati dan PR blog Anda, semakin mahal harga link yang bisa Anda tawarkan. Saat ini banyak program text link ads yang bisa Anda ikuti. Beberapa diantaranya adalah Text-Link-Ads.comTNX.netLinkWorth.com dan TextLinkBrokers.com

9. Menjual Spot Iklan Mandiri
Menjual spot iklan secara langsung kepada mereka yang tertarik memasang iklan di blog Anda adalah pilihan lain monetisasi blog berbahasa Indonesia yang saat ini semakin populer. Meskipun cara seperti ini memerlukan strategi khusus (misalnya bagaimana cara mendapatkan pemasang iklan), namun jika niche blog Anda cukup menarik dengan pengunjung yang cukup banyak, pendapatan iklan mandiri tidak bisa dibilang kecil. Saya sendiri mendapatkan hasil yang cukup lumayan dari menjual spot iklan mandiri di blog saya. 

10. Menjual Jasa Keahlian Anda
Jika Anda memiliki keahlian tertentu (misalnya web design, web programming, logo designcopy writing, atau bahkan keahlian-keahlian lain seperti memasak, menulis, menerjemahkan), tidak ada salahnya mempromosikan keahlian Anda melalui blog Anda. Selain sebagai ruang pribadi untuk menuangkan ide dan tulisan, blog Anda juga bisa berperan sebagai sarana public relation yang cukup efektif untuk memperkenalkan keahlian Anda. Jadi silahkan mencari keahlian apa yang kira-kira bisa Anda jual melalui blog Anda. Saya sendiri memberikan jasa konsultasi blog review dengan penghasilan yang cukup lumayan.

11. Menjual Produk Digital Karya Anda Sendiri
Saat ini menulis dan membuat e-book bukan lagi sesuatu yang sulit. Jika Anda memiliki keahlian tertentu yang bisa Anda jual, menuliskannya menjadi sebuah e-book dan mempromosikannya melalui blog Anda adalah sebuah pilihan yang brilian. Selain mendapatkan keuntungan penjualan e-book, melalui blog yang sama Anda juga bisa mengembangkan sistem affiliasi sehingga pengunjung blog Anda bisa mempromosikan kembali e-book Anda dengan memberikan imbalan tertentu.

12. Menjual Produk Fisik Karya Anda Sendiri
Selain produk digital berupa e-book, produk-produk fisik (misalnya CD, buku, kaos, cenderamata, kado/gift ulang tahun, bahkan kue ulang tahun) juga bisa Anda promosikan dengan memanfaatkan blog Anda. Jika saat ini Anda telah memiliki bisnis offline, tidak ada salahnya mencoba menjangkau pasar yang lebih luas dengan promosi secara online melalui blog Anda. Saya sendiri telah menerbitkan 2 buku tentang bagaimana cara-cara menghasilkan uang dari blog secara mudah dan langkah demi langkah. Buku pertama berjudul "Blogging for Money: Panduan Jitu Untuk Mengoptimalkan dan Mendapatkan Penghasilan Dari Blog Anda", diterbitkan oleh Andi Publisher (Yogyakarta, 2011). Harganya murah, hanya Rp. 45.000. Buku kedua berjudul "Pro Blogger: Rahasia Menjadi Blogger Profesional", juga diterbitkan oleh Andi Publisher (Yogyakarta, 2012). Harganya lebih murah, hanya Rp. 36.000.

13. Menjadi Perantara/Broker Jasa Orang Lain
Menjadi perantara atau broker jasa orang lain juga bisa menjadi pilihan monetisasi blog Anda. Sekedar misal, jika Anda kebetulan tinggal di daerah wisata (Bali atau Yogyakarta misalnya), Anda bisa menawarkan kerjasama dengan biro travel atau hotel-hotel kecil sekelas Melati untuk mempromosikan jasa mereka melalui blog Anda dengan imbalan komisi tertentu. Akan lebih baik lagi apabila niche blog Anda sesuai dengan jasa yang hendak Anda promosikan. Jika pengunjung blog Anda melakukan booking hotel atau jasa biro travel tersebut, Anda mendapatkan komisi dalam jumlah tertentu.
------------------------------------------------------------

Nah, sebenarnya ada banyak cara mendapat uang dari blog berbahasa Indonesia bukan?

Jadi tidak ada alasan untuk berkecil hati,malu maupun malas dan beralasan bahwa Anda tidak bisa mendapat uang dari blog Anda hanya karena blog Anda berbahasa Indonesia.


Selamat mencoba dan jangan putus asa! :) Wish you all the best..


Categories

Popular Posts

Translate

Stmik Amikom